📃 Dokumentasi pemikiran Dan Jejak Kreatif Djaduk Ferianto Dalam Bidang Musik

📋 Aji Wartono

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 359.335.000
September - Desember 2020
Disetujui Rp 359.335.000
ajiewartono@gmail.com

Profil Kegiatan

Dokumentasi ini akan terangkum dalam sebuah buku dan sebuah kompilasi musik yang menceritakan proses kreatif Djaduk Ferianto dalam menggeluti dunia musik, baik proses penciptaan maupun segala sepak terjangnya dalam berbagai ranah musik baik itu pertunjukan, festival maupun pendidikan. Djaduk Ferianto sebagai salah satu maestro musik Indonesia menjadi contoh riil untuk seorang seniman yang berhasil “mengawinkan” berbagai budaya di Indonesia yang berbeda dalam karyanya, selain itu juga dia menjadikan musik sebagai media diplomasi budaya untuk berbicara mengenai Indonesia. Oleh karena itu sangat penting untuk generasi mendatang dan khalayak ramai mengetahui proses kreatif kesenimanan Djaduk Ferianto yang dalam hal ini didasari pada spirit “NGENG”.

 

Buku ini dikerjakan secara kolektif melibatkan tiga penulis yang kompeten, yaitu Michael HB Raditya (Laras Studi Musik), Erie Setiawan (Art Music Today Publisher) dan Resa Setodewo (Peneliti, Ethnomusicolog) dan Editor Hairus Salim (LKiS). Dikerjakan dengan metode wawancara orang-orang yang dekat dan terlibat langsung dengan proses perjalanan kreatif Djaduk Ferianto, selain itu juga riset arsip-arsip yang dimulai dari tahun ‘70an sampai saat ini. Dalam buku ini akan terbaca bagaimana kemudian para penulis mencoba menerjemahkan “NGENG” yang termanifestasikan tidak hanya dalam karya-karya Djaduk Ferianto tapi juga dalam setiap perjalanan kehidupannya, bagaimana spirit itu sudah menubuh dalam dirinya.

Profil Penerima

Aji Wartono adalah founder, jurnalis dan penulis dari wartajazz.com, situs portal music yang berdiri tahun 2000,  juga sebagai salah satu Board Creative di Festival Ngayogjazz yang digagas bersama Djaduk Ferianto.  Aktif di berbagai kegiatan ranah seni dan budaya, antara lain pernah menjabat sebagai Direktur Festival Kesenian Yogyakarta periode 2007/2008.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id