📃 Pergelaran Karya Tari Inovatif “Nyanyian Hutan

📋 Iwan Irawan Permadi

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 84.000.000
2020-11-07 00:00:00
Disetujui Rp 80.734.000
pastakom97@gmail.com

Profil Kegiatan

Ide/gagasan dari Pergelaran Karya Tari Inovatif “Nyanyian Hutan” adalah dari masalah kehidupan masyarakat Adat Sakai yang hidup di pedalaman Riau, Sumatera. Masyarakat ini sering dicirikan sebagai kelompok terasing yang hidupnya berpindah-pindah di hutan. Masyarakat Adat Sakai sangat bergantung kepada alam, meskipun sebagian dari mereka sudah menerapkan pertanian dan juga berladang. Tapi, bagaimana pun juga alam adalah rumah mereka dan juga tempat mencari penghidupan. Sayangnya, karena kawasan hutan seiring waktu berubah menjadi daerah industri dan usaha, Masyarakat Sakai pun mulai kehilangan kehidupannya.

 

Konsep garapan gerak yang bersumber dari motif gerak Tari Olang – Olang dan Tari Porang (Tari Tradisional Masyarakat Adat Sakai) dan dipadu dengan iringan musik yang bersumber dari nyanyi panjang serta mantra (sastera lisan orang Sakai) garapan karya tari berdurasi 40 menit ini menjadi sangat dinamis. Sebagai pendukung artistik untuk tata busan, tata rias, serta asesoris penari dibuat berdasarkan motif – motif yang terdapat pada budaya masyarakat Sakai. Untuk artistik panggung (tata panggung) dibuat suasana hutan yang sudah tandus. Koreografer Iwan Irawan Permadi membentangkan karya tarinya dengan tajuk : Pergelaran Karya Tari Inovatif “Nyanyian Hutan” yang di pentaskan pada tanggal 7 November 2020 bertempat di Anjung Seni Idrus Tintin Bandar Seni Raja Ali Haji Pekanbaru. Pergelaran Karya Tari Inovatif “Nyanyian Hutan” didukung oleh 12 orang penari, 3 orang pemusik, dan 1 orang Maestro Tari Sakai (Batin Sakai).

Profil Penerima

Nama Iwan Irawan Permadi dikenal melalui karya-karyanya berupa koreografi tari yang dipentaskan di berbagai panggung pertunjukan di Indonesia. Iwan merupakan salah satu penerima Anugerah Seni dari Pemerintah Riau (2001) dan Anugerah Sagang pada tahun 2006. Pada tahun 1984, ia mendirikan Pusat Latihan Tari Laksemana dengan karya pertamanya, Dramatari Laksamana Hang Tuah, yang dipergelarkan di Gedung Olah Seni Tangkerang (sekarang Taman Budaya Riau). Selain sebagai artistic director dan koreografer, ia juga menjabat sebagai Direktur Pasar Tari Kontemporer (PASTAKOM) dan penasihat Dewan Kesenian Riau.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id