📃 Sang Maestro Musik Sape Irang Awai

📋 Loeloe Hendra

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 327.500.000
26 November - 2 Desember 2020
Disetujui Rp 319.920.000
loeloehendra@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini berupa film dokumenter berdurasi sekitar 30 menit yang menceritakan tentang Irang Awai, Maestro Musik Tradisi dari Suku Dayak Kayan. Irang Awai adalah salah satu penerima Anugrah kebudayaan Indonesia 2017. Ia dikenal sebagai maestro musik tradisional Dayak, khususnya alat musik sape. Tidak hanya alat musik sape, Irang juga pandai memainkan beragam alat musik khas Dayak lainnya seperti seruling dan kadire. Irang juga sangat piawai menciptakan syair indah dalam bentuk senandung dalam bahasa Kayan, Nak Long.

 

Film dokumenter ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan Irang Awai dari suku Dayak Kayan dalam menjaga seni tradisi dan pentingnya musik dalam setiap nafas kehidupan mereka sehari-hari. Melalui sosok irang Awai, cerita akan mencakup kehidupan masyarakat Dayak Kayan di Kalimantan Timur saat ini. Proses pengambilan gambar film dokumenter ini dilakukan selama 7 hari di tempat tinggal Irang Awai di Desa Miau Baru, Kec. Kongbeng Kab. Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Sebagian besar tim kerja produksi berasal dari Yogyakarta dan ditambah tim produksi yang berasal dari Kutai Kartanegara dan Kutai Timur.

Profil Penerima

Loeloe Hendra lahir di Ciamis, Jawa Barat, Indonesia. Ia menyelesaikan pendidikan S1nya di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan kini sedang menempuh S2 di kampus yang sama. Dia telah menyutradarai beberapa film pendek termasuk Onomastika (2014) yang meraih Piala Citra untuk kategori film pendek terbaik di Festival Film Indonesia 2014. Sejak saat itu, film-film pendeknya telah di putar di berbagai festival film skala nasional maupun internasional. Selain fokus pada produksi film, Loeloe juga sering mengarahkan video komersial.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id