📃 Satu Kampung Tiga Maestro: Biografi Sardono W Kusuma, Mlayawidada, dan S. Ngaliman

📋 Heri Priyatmoko, MA

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 92.750.000
November-Desember 2020
Disetujui Rp 88.580.000
heripriyatmoko@usd.ac.id

Profil Kegiatan

Bermula dari pemahaman tentang sejarah Kampung Kemlayan di Kota Solo. Sepetak ruang sosial tersebut menjadi saksi bisu tiga maestro menggumuli jagad seni. Mereka adalah Sardono W Kusuma sohor sebagai penari kelas wahid, Mlayawidada dikenal empu karawitan, serta S Ngaliman dikukuhkan menjadi empu tari tradisional gaya Surakarta. Ditelusuri mendalam, terkuat pengalaman Sardono, Mlayawidada, dan S. Ngaliman dipengaruhi ekologi budaya lokal. Teronce pula segenap karya mereka yang berbasis fakta sejarah dan akar tradisi. Termasuk pengaruh ketiga seniman terkemuka itu dalam blantika pendidikan seni di Indonesia.

 

Pustaka bergaya esai ini menyisipkan keterlibatan penulis merekam kehebatan ketiga seniman. Bahasa dibuat mengalir agar bisa dikonsumsi lintas generasi, bukan melulu lingkaran seniman dan keluarga maestro. Pasalnya, masyarakat kini butuh tokoh panutan yang konsisten menggeluti kesenian dan mempopulerkan seni Indonesia di mata internasional. Publik disadarkan bahwa aneka karya para maestro dari Kemlayan ini ditempatkan sebagai kekayaan budaya Nusantara yang kudu dikembangkan.

 

Buku dihiasi puluhan foto jadul. Secara akademik, pustaka tersebut mengisi kekosongan narasi sejarah para maestro yang tinggal di sebuah kampung kecil. Sementara bagi masyarakat luas, buah studi ini memberi wawasan yang lebih komprehensif tentang biografi proses kreatif para empu yang membangun pengetahuan khas. 

Profil Penerima

Heri Priyatmoko, lahir di Kota Solo pada 1985. Bekerja sebagai pengajar di Prodi Sejarah, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Merampungkan pendidikan Pascasarjana Sejarah, FIB, UGM (2013). Hobi menekuni sejarah lokal mengantarkannya menjadi narasumber dan kolumnis Solo tempo doeloe di media massa nasional maupun lokal. Berkali ulang menulis buku sejarah yang diterbitkan Kemdikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id