📃 Katalog Naskah Kuno Lampung di Tropen Museum & Museum Volkenkunde (Belanda)

📋 Arman AZ

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 50.000.000
Oktober – Desember 2020
Disetujui Rp 50.000.000
armanlpg@yahoo.com

Profil Kegiatan

Naskah kuno yang ditulis ratusan tahun silam adalah bukti historis peradaban suatu daerah atau bangsa. Ironisnya, naskah-naskah kuno di Lampung tergolong minim kajian, apalagi buku yang spesifik membahasnya.

 

“Katalog Naskah Kuno Lampung di Tropen Museum & Museum Volkenkunde, Vol. I” adalah hasil penelusuran independen Arman AZ ke beberapa tempat di Belanda (2015 & 2018) yang menyimpan naskah-naskah kuno Lampung. Buku ini adalah katalog pertama berisi naskah kuno Lampung yang ada di luar negeri. Katalog ini dapat menjadi rujukan atau panduan awal bagi siapa saja yang hendak meneliti naskah kuno Lampung.

 

Seluruh naskah kuno dalam buku ini tersimpan di Tropen Museum dan Museum Volkenkunde. Buku ini telah disebarluaskan ke sejumlah pihak di Lampung dan luar Lampung, seperti instansi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, perpustakaan, lembaga/komunitas adat, taman baca, seniman, budayawan, akademisi, dan lain-lain.

Profil Penerima

Arman AZ, lahir dan besar di Bandar Lampung. Tulisannya (cerpen, esai, resensi, travel) banyak dimuat media massa nasional dan daerah. Satu dekade belakangan, intens menelusuri-menekuni sejarah dan budaya Lampung. Penelitian independennya hingga ke beberapa tempat di Belanda yang menyimpan arsip sejarah-budaya Lampung. Dari situ dia menemukan cukup banyak kekeliruan dalam historiografi Lampung, juga banyak hal yang tidak diketahui sebelumnya oleh masyarakat Lampung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id