📃 Revitalisasi Seni Pertunjukan Tradisi Aceh (MOP-MOP)

📋 T. Zulfajri

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 171.666.000
Oktober - November 2020
Disetujui Rp 220.163.000
tejo.aceh@gmail.com

Profil Kegiatan

Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendokumentasikan sebuah kesenian teater tradisi Aceh yang berbasis di Pidie, Bireun, dan Aceh Utara yaitu Mop-Mop atau dikenal juga dengan nama Biola Aceh. Keberadaan kesenian ini dianggap terancam karena sudah tidak pernah ada lagi pertunjukan ini baik di ruang publik atau kegiatan privasi lainnya. Selain itu, para pelakunya juga tinggal beberapa orang saja dan sudah berusia lanjut. Ditakutkan, jika para pelaku ini sudah tiada, maka jejak pertunjukan ini juga akan lenyap dan tidak mudah untuk mendapatkan informasi terkait kesenian ini. Padahal kesenian ini sempat populer dikalangan masyarakat Aceh di era 60-80an dan menjadi atraksi hiburan favorit disaat itu.

 

Ada beberapa faktor kenapa dokumentasi ini penting untuk di segera dilakukan; 1) karena pemainnya sudah tua dan belum ada generasi penerus. 2) tidak adanya literasi baik tertulis maupun verbal ataupun video terkait dengan seni Mop-Mop terutama tentang struktur dan teknik pertunjukan. 3) kesenian ini merupakan aset budaya daerah yang perlu di lestarikan ditengah gempuran tawaran media hiburan lainnya.

 

Penelitian menghasilkan sebuah buku tentang sejarah, struktur, dan teknik bermain Mop-Mop. Diharapkan dengan adanya buku ini dapat berguna bagi masyarakat untuk mempelajari Mop-Mop dan memberi akses bagi peneliti-peneliti selanjutnya dalam mencari referensi ilmiah. sebagai bahan pendukung, dibuat juga dalam bentuk video pertunjukan sebagai panduan untuk memudahkan bagi siapapun yang ingin mempelajari dan mempraktikkan kesenian  ini.

Profil Penerima

T. Zulfajri seniman yang konsen pada seni pertunjukan teater. aktifitas sehari-hari adalah menggerakkan kesenian di Aceh baik sebagai presenter ataupun produser. Selain itu juga aktif sebagai dosen di Universitas Syiah Kuala dan Universitas Negeri Ar-Raniry di Banda Aceh mengajar bidang Studi seni pertunjukan dan manajemen pertunjukan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id