📃 Penulisan Buku "Ngindung Ka Waktu, Ngawula Ka Zaman"

📋 Mardiansyah Nugraha M.A

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 97.802.000
Oktober - Desember 2020
Disetujui Rp 97.802.000
mar.nugraha1@gmail.com

Profil Kegiatan

Buku ini merupakan sebuah upaya untuk merangkum dan menafsir perjalanan dari Mira Halimah Wihardja sebagai pelaku budaya penafsir Kalender Caka-Sunda. Meskipun berisi biografi, buku yang berjudul “Ngindung Ka Waktu. Ngawula Ka Jaman” juga bercerita mengenai sejarah kalender di Nusantara, Isi dan kandungan makna dari kalender serta juga bercerita bagaimana komunitas di daerah yang memiliki pengaruh budaya dalam Kasundaan kontemporer yang kuat seperti Bogor, Bandung, dan Subang. Penulisan buku ini menggunakan dua pendekatan keilmuan Sejarah dan Antropologi. Oleh karenanya kami pun harus menelusuri jejak-jejak kalender di komunitas kebudayaan ataupun kabuyutan di daerah-daerah yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu kami pun berusaha menelusuri data dan dokumen berbahasa Belanda untuk menemukan Bleesuit yang melarang penggunaan kalender tradisional dan menggantikannya dengan Kalender Gregorian.
 

Dalam perjalan, kami mendapatkan sambutan dan tanggapan yang luar biasa. Tanggapan ini karena belum banyak buku ataupun literatur yang menelaah kalender Sunda juga terutama terkait makna dan kandungan yang ada dalam kalender. Tanggapan yang luar biasa juga kami dapatkan dari kawan dan relasi yang menunggu buku ini selesai dicetak, menariknya permintaan buku ini justru datang bukan hanya dari orang-orang yang berbudaya Sunda saja, dalam catatan kami ada dari Malaysia, Belitung, Pekalongan dan Yogyakarta yang turut menunggu buku ini selesai. Hanya saja, terkait keterbatasan jumlah yang dicetak kami tidak dapat memenuhi permintaan tersebut.

Profil Penerima

Mardiansyah Nugraha adalah Fasilitator di Sekolah Riset Satukata Yogyakarta dan Dosen di Universitas AL-Ghifari Bandung. Memiliki ketertarikan dalam melakukan riset-riset kebudayaan di Nusantara. Sekarang sedang membangun lembaga pendokumentasian budaya secara visual dengan nama “Ruang Manusia” di Bandung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id