📃 Buku dan Film Dokumenter “Akkaddo Bulo”

📋 Abdul Jalil

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 196.225.000
September-November 2020
Disetujui Rp 196.225.000
abduljalilAJM18@gmail.com

Profil Kegiatan

Masyarakat di 3 desa kabupaten Takalar, yakni Bontomangape, Kalenna Bontomangape dan Parambambe memiliki tradisi akkaddo bulo yang telah berlangsung sejak 300 tahun yang lalu. Hal ini diawali dengan datangnya 3 orang pintar yang merupakan keturunan dari kerajaan Gowa yaitu Karaeng Bone-Bone, Karaeng Jera’ Labbua, dan Karaeng Bobo Jangang. Ketiga karaeng tersebut membawa tanah dari Gowa kemudian menyemburkan tanah tersebut di tiga desa tersebut.

 

Seiring berjalannya waktu, hiduplah ritual dari pesta panen akkaddo bulo ini. Selain santapan kaddo bulo, pesta ini melibatkan pertunjukan pamanca (tradisi seni beladiri) dan seni lainnya, ritual appaddekko (ritual membunyikan alat penumbuk padi), serta tudang sipulung (forum untuk mendiskusikan masalah-masalah yang dialami masyarakat).


Pembuatan buku dan film dokumenter akkaddo bulo yang berisi tentang proses, tahapan serta pelaksanaan pesta panen ini. Pendokumentasian ini meliputi; pembuatan buku, tudang sipulung, FGD, pembuatan film dan pementasan serta bedah buku dan film pendek budaya lokal akkaddo bulo.


Akkaddo Bulo sebagai salah satu ritual pesta panen masyarakat Desa Bontomangape, Desa Kalenna Bontongape dan Desa Parambambe sudah saatnya dipadukan dengan pemikiran dan kreatifitas generasi muda. Mereka diberi kepercayaan dalam melindungi dan melestrikan budaya lokalnya. Termasuk dalam upaya pembuatan film dokumenter dan buku sebagai bentuk pelestarian lewat tulisan dan digitalisasi.

Profil Penerima

Abdul Jalil dikenal sebagai tokoh pemuda yang selama ini konsen dalam menggeluti dunia literasi (penulisan buku) dan kebudayaan lokal. Telah banyak menulis dan menerbitkan buku. Kecintaan terhadap kebudayaan lokal banyak dituangkan ke dalam berbagai tulisan (buku) dan karya seni lainnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id