📃 Workshop Pembuatan Kerajinan Tradisional Keterampila Tenun Riau-Lingga

📋 Fahrizal

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 172.200.000
9 Oktober - 29 Oktober 2020
Disetujui Rp 170.420.000
fahri2017@gmail.com

Profil Kegiatan

Workshop Pembuatan Kerajinan Tradisional Keterampilan Tenun Riau- Lingga adalah suatu bentuk aktivasi kegiatan atau bentuk usaha revitalisasi kegiatan supaya tenun/kain tradisional Riau-Lingga dapat tumbuh dan berkembang guna untuk melestarikan kebudayaan. Hal ini dirasa perlu mengingat tenun Riau-Lingga yang terdapat di Daik Lingga mengalami keterputusan regenerasi penenun. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 15 orang dengan pemateri/pelatih yang didatangkan dari Pekanbaru, mengingat kesamaan budaya melayu dan cara pembuatan tenun adalah sama yang membedakan hanyalah corak motif kain tersebut.

 

Bukti-bukti bahwasanya budaya menenun pernah ada di Daik Lingga dapat kita jumpai beberapa jenis kain tenunan serta alat tenun di Museum Linggam Cahaya, Lingga. Dan sejak tahun 2019 telah mengumpulkan data-data baik dari narasumber masyarakat lokal dan bentuk fisik mengenai kain-kain tenunan ini. Dari acuan ini lah kita dapat jadikan sebagai pedoman untuk membuat kembali tenunan khas Riau-Lingga. Peserta akan dibekali pengetahuan mengenai kain-kain tradisional Riau-Lingga oleh budayawan, peneliti budaya, dan lembaga adat melayu. Selama 21 hari peserta workshop akan dilatih menenun dengan pengetahuan dasar menenun, sehingga diharapkan peserta memiliki kemampuan dan pengetahuan menenun kain khususnya tenun Riau-Lingga. Pada akhirnya kegiatan ini menjadi harapan agar budaya menenun di Daik Lingga dapat tumbuh dan berkembang kembali sebagaimana mestinya.

Profil Penerima

Fahrizal seorang sarjana kimia yang mencintai dan menekuni bidang seni budaya khususnya fashion dan seni tari serta beauty pageant. Saat ini aktif menjalankan aktivitas sebagai fashion stylist, fashion marketing dan observasi kriya tekstil tradisional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id