📃 Simposium Khatulistiwa dan Penyusunan Manifesto Khatulistiwa

📋 Alia Swastika (Yayasan Biennale Yogyakarta)

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 217.990.000
Oktober – November 2020
Disetujui Rp 194.470.000
the-equator@biennalejogja.org

Profil Kegiatan

Simposium Khatulistiwa 2020 dapat terlaksana dengan baik melalui kerjasama berbagai pihak dalam prosesnya. Dalam situasi pandemi ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk melaksanakan acara sebesar simposium, tetapi kami berhasil melaksanakannya baik secara daring maupun luring. Pelaksanaan acara secara luring dengan mengundang berbagai pembicara tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri didukung oleh kerja tim teknisi yang membuat jalannya acara menjadi baik. Pembicara yang terlibat pun memiliki berbagai latar belakang; dari seniman, peneliti, dosen, tetapi juga mahasiswa.

 

Khusus pada simposium kali ini kami membuka kesempatan pada para peneliti muda yang ingin mengembangkan praktiknya dan mempresentasikan hasil penelitian mereka. Tidak diduga banyak aplikasi yang kami terima dan mereka yang terpilih pun mampu menunjukan kualitas yang sangat bagus. Antusiasme para peserta simposium pun juga terlihat dengan kehadiran mereka di lokasi acara, tetap menjaga protokol kesehatan.

 

Selain Simposium Khatulistiwa 2020, kami juga memiliki program FGD untuk membicarakan kelanjutan program dari Yayasan Biennale Yogyakarta setelah wacana Khatulistiwa sudah selesai. Setelah 2021, kami membutuhkan pertimbangan lagi mengenai langkah selanjutnya dari Biennale Jogja untuk meneruskan pengetahuan dan praktik yang selama ini sudah terangkum dan terlaksana. Dalam FGD kami mengundang para pembicara ahli, seperti dosen, peneliti, seniman, dan kurator-kurator yang dulu pernah bergabung dalam penyelenggaraan acara.

Profil Penerima

Yayasan Biennale Yogyakarta (YBY) berdiri 23 Agustus 2010, merupakan lembaga resmi yang menaungi Biennale Jogja. Biennale Jogja merupakan even seni rupa berkala 2 tahunan yang diselenggarakan di wilayah geografis Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mulai tahun 2011 sampai 2021, YBY meluncurkan proyek Biennale Jogja seri Equator yang berfokus pada kawasan khatulistiwa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id