📃 The Prau (Pesisir Utara Pulau Jawa) Maritime Project

📋 R. Ahmad Ginanjar Purnawibawa

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 80.000.000
September - Desember 2020
Disetujui Rp 102.125.000
ahmadgpurnawibawa@gmail.com

Profil Kegiatan

The Prau Maritime Project merupakan suatu ajakan untuk mengingat kembali budaya dan tradisi maritim yang perlahan dilupakan, terutama di Pesisir Utara Pulau Jawa. Untuk tahun 2020, kegiatan dilakukan dengan fokus utama mendokumentasikan tradisi maritim di Rembang, Jawa Tengah.

 

Rembang, merupakan salah satu bandar tua di Pulau Jawa yang menyimpan kekayaan sejarah maritim dalam bentuk Perahu Kuno Punjulharjo. Perahu ini merupakan tinggalan perahu paling lengkap di Indonesia dan berasal dari abad ke-7 Masehi. Dokumentasi 3D pada Perahu Punjulharjo dilakukan untuk membuat arsip digital dan model 3D yang dapat digunakan sebagai media belajar interaktif. Selain dokumentasi 3D terhadap perahu kuno tersebut, untuk mengetahui keberlanjutan dari tradisi maritim di Rembang, dilakukan wawancara kepada pembuat perahu tradisional yang masih aktif, ahli arkeologi maritim, serta penelusuran sejarah maritim di Rembang. Hasil luaran dari kegiatan ini berupa model 3D, video singkat, dan buku tradisi maritim Rembang.

 

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah kembali semangat dan minat generasi muda untuk belajar mengenai sejarah maritim Nusantara dan mendukung merdeka belajar di era 4.0. Hasil dari kegiatan ini dapat diakses melalui laman https://www.berbudaya.org/the-prau-maritime-project

Profil Penerima

Ahmad Ginanjar Purnawibawa adalah pengajar di Departemen Arkeologi Universitas Indonesia di bidang Manajemen Sumber Daya Budaya dan Arkeologi Maritim. Di samping mengajar, hobi dan minatnya adalah mengembangkan dokumentasi digital untuk peninggalan arkeologi, sebagai arsip dan media belajar interaktif.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id