📃 Festival Lembah Gana: Mengenal Bumi, Merawat Ingatan

📋 Ros Dhani Prasetya (Komunitas Budaya Karangjati Nyawiji)

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 233.295.000
6 November - 8 November 2020
Disetujui Rp 233.295.000
rosayumiracle@gmail.com

Profil Kegiatan

Dalam program Fasilitasi Bidang Kebudayaan Kemendikbud di tahap 2 tahun 2020 ini Komunitas Budaya Karangjati Nyawiji mengangkat sebuah konsep kegiatan berupa festival budaya yang digagas dan diselenggarakan oleh Komunitas Budaya Karangjati Nyawiji sendiri sebagai wahana pertemuan bagi para seniman, aktivis budaya, budayawan, arkeolog, sejarawan dan masyarakat umum. Dengan konsep acara berupa Festival budaya Lembah Gana dengan tema “Mengenal Bumi, Merawat Ingatan”.

 

Komunitas Budaya Karangjati Nyawiji telah menyiapkan serangkaian kegiatan festival meliputi pentas musik, pertunjukan tari tradisional dan kontemporer, prosesi adat dan ritual, instalasi seni berbasis alam, kasusteraan budaya jawa, sarasehan dan berbagai kegiatan workshop. Secara keseluruhan, gagasan pelaksanaan kegiatan tersebut didasari atas upaya bersama untuk menjaga warisan budaya leluhur, melestarikan, memajukan dan memberi makna baru dalam era kekinian yang merupakan refleksi masyarakat kini dalam mengenal sejarah kebudayaan dimana dalam penyelenggaraannya menjadi bagian dari revitalisasi kebiasaan masyarakat Jawa Kuno.  Rangkaian kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 s.d 8 November 2020 dan ditayangkan secara streaming melalui media daring youtube dan instagram “lembah gana”.

Profil Penerima

Komunitas Budaya Karangjati Nyawiji merupakan sebuah komunitas / organisasi kemasyarakatan yang terdiri dari para pelaku seni dan budaya, pemerhati seni dan budaya serta generasi muda yang minat dan berupaya untuk melestarikan adat budaya warisan leluhur. Adapun bidang kebudayaan yang digeluti yaitu Kesenian (Pedhalangan, Tari, Vokal, Karawitan), kesusasteraan Jawa dan cagar budaya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id