📃 Workshop Handycraft Boneka Karakter untuk Seni Pertunjukan Dongeng

📋 Arsa Khoirol Lathifa

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 275.995.000
6 November - 22 November 2020
Disetujui Rp 275.995.000
arsaariska28@gmail.com

Profil Kegiatan

Workshop Handycraft Boneka Karakter untuk Seni Pertunjukan Dongeng dilaksanakan pada tanggal 6 November 2020 hingga tanggal 22 November 2020 di Homestay Joglo ki Penjawi Tegalwaton Kabupaten Semarang. Workshop ini diikuti 20 perserta dari Kabupaten Semarang, terdiri dari remaja, anak-anak dan ibu-ibu.  Dalam Workshop kali ini menghasilkan dua jenis boneka karakter yaitu boneka kain dan baneka wayang golek dari spons hati. Puncak workshop kali ini adalah dengan pementasan sederhana dari perserta dan panitia.

 

Boneka Karakter merupakan salah satu media seni pertunjukan terutama dongeng. Sedangkan dongeng sendiri kini mulai terkikis dan hampir terkubur dengan adanya kemajuan tekhnologi yaitu gadget. Orang tua memilih gadget untuk anak-anaknya untuk melihat youtube dan sebagainya dibandingkan dengan mendongengkan langsung kepada anaknya. Untuk itu dalam kegiatan workshop kali ini, saya ingin lebih mendekatkan orang tua dengan anak-anaknya dengan membuat boneka kemudian membuat cerita dan mendongengkannya kepada anak-anaknya. Terkhususnya untuk perserta anak-anak dan remaja agar memiliki kemampuan membuat kerajinan yang dapat lebih bermanfaat dibandingkan dengan bermain gadget.

 

Kegiatan yang berlangsung selama 17 hari ini selain menghasilkan produk boneka karakter dan hasil pertunjukan juga menggali potensi sejarah yang berada di kawasan pelaksanaan workshop yaitu sejarah Joko Tingkir. Di Tegalwaton sebagai tempat workshop terdapat mata air Senjoyo yang didalamnya ada petilasan Joko Tingkir. Dari hasil penggalian sejarah itu diolah menjadi naskah pertunjukan yang berjudul Joko Tingkir pada puncak pementasan. Dalam pementasan tersebut menggabungkan Boneka karakter dengan wayang orang yang dikemas epik dalam pementasan.

Profil Penerima

Arsa Khoirol Lathifa adalah seorang istri dari seorang seniman teater di kota Surakarta (Solo). Dibesarkan di keluarga yang memiliki usaha homeindustri pembuatan boneka di Semarang. Dengan kemampuan membuat boneka yang diturunkan langsung oleh keluarganya, dia berkolaborasi dengan suaminya untuk menciptakan ide menggabungkan boneka dengan kesenian terutama seni pertunjukan khususnya dongeng. Dengan ikut andil mendirikan komunitas Ruang Hening Kabupaten Semarang dia mengembangkan dan membudayakan teater dan dongeng di Kabupaten Semarang, Solo dan kota-kota besar disekitarnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id