📃 Pelatihan Batik Tulis untuk Anak Pesisir Parangkusuma Yogyakarta sebagai Media Positif Pengembangan Bakat

📋 Yasinta Laila Febriana

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 76.957.500
5 November - 18 November 2020
Disetujui Rp 76.957.500
yasintalaila@gmail.com

Profil Kegiatan

Kegiatan pelatihan membatik yang berjudul “Pelatihan Batik Tulis Khusus Untuk Anak Pesisir Parangkusuma Yogyakarta, Sebagai Media Positif Pengembangan Bakat” yang digagas oleh Yasinta Laila Febriana melalui program bantuan dana FBK (Fasilitasi Bidang Kebudayaan) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah selesai dilaksanakan mulai tanggal 5 November 2020 sampai dengan 18 November 2020. Program ini dilaksanakan di Gedung Padepokan Betako Merpati Putih, Desa Parangkusuma, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta dan diikuti oleh warga masyarakat sekitar. Untuk alasan pemilihan tempat pelatihan di pesisir pantai parangkusuma, dikarenakan daerah tersebut kurangnya pengetahuan, tingginya kesenjangan sosial, dan lingkungan hiburan malam yang kurang mendukung masyarakat khususnya anak-anak untuk mengembangkan kreativitasnya.

 

Banyak dari masyarakatnya yang menggantungkan perekonomian melalui berjualan di sekitar pesisir pantai dan juga hiburan malam di Kawasan lingkungan tersebut. Hal itu yang mendukung pelatihan batik tulis ini dilaksanakan di Kawasan pesisir pantai parangkusuma untuk mengedukasi dan menanamkan pemahaman dan juga proses membatik kepada masyarakat Kawasan pesisir parangkusuma. Parangkusuma sendiri memiliki potensi wisata yang banyak dikunjungi masyarakat luar kota. Harapannya dengan adanya pelatihan batik tulis ini, masyarakat dapat teredukasi tentang pemahaman nilai sejarah batik, melestarikan proses dan teknik pembuatan batik selain itu juga dapat memanfaatkan peluang menjadi ekonomi kreatif dan ikon buah tangan desa wisata Parangkusuma.

Profil Penerima

Yasinta Laila Febriana saat merupakan Mahasiswi Batik Fashion Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa yang juga sebagai Founder Sahabat Canthing

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id