📃 PULIH - Aktivasi Seni Budaya untuk Pemulihan

📋 Yayasan Cita Prasanna

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 459.220.100
14 dan 29 November 2020
Disetujui Rp 459.290.000
sinta.roosdiono@gmail.com

Profil Kegiatan

Yayasan Cita Prasanna bekerja sama dengan Pasar Seni Ancol menghadirkan PULIH, aktivasi seni budaya. Kegiatan ini memanfaatkan Galeri Pasar Seni Ancol yang merupakan ruang seni budaya sebagai arena pemulihan. Memberi kesempatan menampilkan hasil riset dan aktivasi para seniman yang membaktikan karyanya bagi pemulihan di Indonesia. Perubahan sistem di dalam komunitas/masyarakat untuk menciptakan kondisi yang lebih baik. Membangun pola pikir mengenai seni budaya sebagai medium pemulihan. Sasaran proyek: komunitas, sistem, lingkungan, individu. Sasaran pameran: penonton umum, di Jakarta dalam bentuk pameran dan pertunjukkan fisik, dan juga di seluruh dunia dalam bentuk pameran dan pertunjukkan daring.

 

Dikurasi oleh kurator Mia Maria dan ko-kurator Saskia Warouw dari Pasar Seni Ancol, kami mengundang 10 seniman yang berkarya di berbagai macam medium, baik seni rupa, arsitektur, film dan seni pertunjukkan untuk membuat, melangsungkan, aktivasi dan karya yang mendukung penyembuhan dalam berbagai bidang. Masing-masing seniman mengadakan kegiatan dan menciptakan karya yang bertujuan untuk mengaktifkan, intervensi atau menciptakan metode baru di dalam masyarakat yang berfokus pada pemulihan individu, kelompok atau lingkungan. Kami mencari karya-karya yang memiliki kapasitas bermain yang memicu ekspresi artistik yang memberi ruang untuk mengidentifikasi dan melepaskan pikiran dan kondisi yang tertekan sebagai metode aktif penyembuhan kolektif. Sekaligus juga karya-karya yang bisa menantang dan mengubah sistem yang ada sebelumnya untuk disesuaikan dengan kondisi baru ini. Bentuk Acara: Aktivasi Sosial dan Pameran, Seni Pertunjukan.

Profil Penerima

Yayasan Cita Prasanna didirikan pada tahun 2016 oleh sekumpulan pecinta seni budaya tradisional Indonesia. Visi dan misi kami ingin menumbuhkan rasa cinta dan rasa bangga terhadap budaya tradisional Indonesia. Melalui pelestarian seni pertunjukan asli Indonesia yang dikemas secara menarik sehingga dapat dinikmati semua kalangan khususnya generasi muda Millenial.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id