📃 Tegal Children Festival #2 Kita Anak Kreatif dan Berbudaya

📋 Spasi Creative Space

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 159.730.300
Oktober - 6 Desember 2020
Disetujui Rp 159.730.300
spasitegal@gmail.com

Profil Kegiatan

Mengutip satu pesan Ki Hajar Dewantara, bahwa “pendidikan aesthetis atau pendidikan seni bukan untuk mendidik anak-anak kelak agar menjadi ahli seni, akan tetapi dengan maksud untuk menghaluskan perasaan, mendapat kecerdasan yang luas, serta mencapai kesempurnaan jiwa hingga menjadi manusia yang berbudi luhur”.

 

Berpegang pada itu, kegiatan TCF menjadi ikhtiar bagi kami, Spasi Creative Space beserta teman-teman seniman, untuk turut bertanggungjawab atas pendidikan yang diperoleh anak-anak di lingkungan sekitar kami. Sedikit sumbangsih yang dapat kami berikan utamanya adalah pendidikan kreatif. TCF diselenggarakan masih pada tujuan yang sama, yaitu mengembangkan potensi kreativitas anak-anak, khususnya di bidang tari, teater, film, dan rupa. Setelah melalui dialog dengan warga serta anak-anak Rusunawa Kraton Tegal, maka, total 71 anak bergabung ke dalam kegiatan TCF #2 ini, di antaranya; 4 anak bermain film, 7 anak bermain teater, 18 anak mengikuti workshop melukis, 23 anak mengikuti fun art, dan 19 anak memilih tari.

 

Proses latihan anak-anak telah dimulai sejak Oktober 2020. Karena dilaksanakan di masa pandemi, puncak acara TCF #2 berupa pentas daring pada Minggu, 6 Desember 2020. Dengan semangat kebersamaan, pada saat pentas daring, panitia mengajak warga Rusun untuk nonton bareng dengan memasang titik layar lebar di masing-masing blok (ada 3 blok). Setelah pementasan daring ini, masih ada satu agenda lagi, yaitu Rupa-Rupa Rusun, sebuah pameran hasil karya rupa anak-anak Rusunawa Kraton Tegal, yang akan dipamerkan di galeri Spasi Creative Space pada 7-20 Desember 2020 mendatang.

Profil Penerima

Spasi Creative Space adalah ruang merangkup komunitas kreatif di Kota Tegal yang mengedepankan pola kerja kolaborasi antar kreator di berbagai bidang di Tegal, agar dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Tegal.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id