📃 Seni Kriya Logam “Menuju Pencatatan Seni Kriya Logam sebagai Warisan Budaya Tak Benda ”

📋 Dwi Kristianto

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 71.725.000
10 September – 14 November 2020
Disetujui Rp 71.725.000
dw_kristianto@alumni.ui.ac.id

Profil Kegiatan

Hampir 60% produksi kriya logam yang diproduksi masyarakat Tumang Desa Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, diekspor untuk pasar Amerika, Jepang, Malaysia, Australia, dan sejumlah negara Asia dan Eropa. Meski demikian  produk seni kriya logam dari Tumang belum memiliki narasi terhadap setiap produk yang dibuatnya. 
 

Pendaftaran seni kriya logam ini adalah upaya pelestarian nilai-nilai budaya yang didalamnya ada pengetahuan tentang, sejarah, seni, teknologi, ketrampilan dan nilai-nilai pengetahuan lokal yang perlu dilestarikan dan terus dikembangkan. Selain itu pendaftaran Tradisi Seni Kriya Logam dalam WBTB adalah upaya branding pruduk seni dari desa ini. 
 

Sejarah Tumang tidak bisa dilepaskan dari sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa. Semenjak awal berdirinya Kerajaan Mataram Islam, desa ini telah memainkan perannya sebagai sentra kriya logam khususnya tembaga yang memasok hasil karyanya terutama untuk mendukung kebesaran dan keagungan Keraton Mataram. Karya-karya yang utama dikaitkan dengan aksesoris untuk mendukung keagungan upacara-upacara kerajaan Jawa. 

 

Kegiatan penyusun dokumen ini diselengarakan dari mulai awal bulan Agustus-November 2020. Output dari program ini adalah dokumen Laporan yang disertai dengan lampiran Foto-foto Tradisi Seni Kriya Logam dari mulai peralatan, proses pembuatan dan hasil atau produk seni kriya logam.

Profil Penerima

Pengiat Budaya ini adalah seorang dosen di Universitas Indonesia. Semenjak tahun 2019 aktif mendampingi dusun Tumang dalam membuat branding produk Seni Kriya Logam. Beberapa buku telah ditulis terkait dengan pelestarian dan pengembangan seni dan budaya. Saat ini aktif mengembangkan desa wisata berbasis budaya di beberapa daerah di Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id