📃 Pendokumentasian, Pencatatan, dan Pengkajian Sastra Lisan di Sumatera Barat

📋 Sudarmoko, M.A

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 600.000.000
Juli – November 2020
Disetujui Rp 531.200.000
sudarmoko@hum.unand.ac.id

Profil Kegiatan

Kegiatan ini ditujukan untuk melakukan dokumentasi, pencatatan, dan kajian sastra lisan, tradisi lisan, folklor dan sastra modern di Sumatera Barat. Kegiatan yang telah dilaksanakan ini meliputi sejumlah tahapan yaitu memetakan kajian-kajian yang telah dilakukan, memutakhirkan data dan kajian yang telah ada dengan kondisi terkini, penelusuran kembali sastra lisan dan tulis yang pernah dicatat, dokumentasi (perekaman) maupun penyuntingan terhadap karya-karya terpilih untuk melihat capaian estetika dalam kurun yang telah berjalan. 

 

Kegiatan ini telah melibatkan tenaga perekaman untuk mendokumentasikan sastra lisan dan modern dalam bentuk rekaman audio visual, informan yang terdiri dari maestro, penampil, dan kelompok sastra lisan, penyair, cerpenis, novelis, untuk perekaman sastra modern, tim penyusun data untuk bibliografi beranotasi dan direktori sastra lisan, akademisi atau kritikus sastra untuk mengkaji secara mendalam estetika yang ada dalam karya sastra, dengan menggunakan sejumlah pendekatan dan teori. Kegiatan ini mencakup studi lapangan untuk mendokumentasikan, memetakan, mencatat, sastra lisan dan tulis di Sumatera Barat, yang terdiri dari 19 kabupaten dan kota, dengan dua pembagian secara kultural (darek/ darat dan rantau/ pesisir), yang mengindikasikan sejumlah perbedaan budaya.

Profil Penerima

Sudarmoko adalah dosen di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universityas Andalas Padang. Pendiri dan pengelola Ruang Kerja Budaya, sebuah lembaga kebudayaan yang memiliki fokus kerja pada upaya penguatan kebijakan kebudayaan, pendokumentasian, dan pengkajian sastra dan budaya, khususnya di Sumatera Barat. Melakukan penelitian-penelitian terkait sastra dan budaya, sejarah penerbitan, yang dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah internasional (seperti Indonedia and the Malay World, Kritika Kultura, Logos), jurnal nasional (Humaniora, K@ta, Jentera, dll), media massa, dan buku.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id