📃 SANG MANYAR: Nyanyian Pinggir Kali

📋 Sergius Sutanto

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 620.000.000
September-Desember 2020
Disetujui Rp 647.000.000
sergius.sutanto@gmail.com

Profil Kegiatan

Project ini merupakan sebuah film dokudrama tentang perjuangan Romo Mangunwijaya membangun Pemukiman Kali Code sebagai perkampungan yang bermartabat dan berbudaya.

 

Romo Mangun, meski berlatar sebagai rohaniwan Katolik, perjuangannya dikenal sangat universal, menerobos sekat-sekat kelompok, suku, dan agama. Integritas dan kiprahnya dalam upaya memajukan kebudayaan lokal patut dipujikan, baik dalam dunia sastra maupun bidang arsitektur. Salah satu karya monumental Romo Mangun di bidang arsitektur adalah Perkampungan Kali Code di Yogyakarta yang dibangun pada sekitar 1980-an bersama masyarakat, mahasiswa dan para relawan secara bergotong royong. Sebuah pemukiman yang diperuntukkan bagi gelandangan, bromocorah, pelacur, dan anak-anak jalanan, yang di kemudian hari dianugerahi beberapa penghargaan bergengsi tingkat internasional, antaranya; “The Aga Khan Award for Architercture” (1992), “The Ruth and Ralph Erskine Fellowship Award” (1995) dari Pemerintah Swedia untuk arsitektur demi rakyat yang tak diperhatikan, serta “The Professor Teeuw Foundation Award”, Leiden-Jakarta (1996).


Berdurasi kisaran 1 jam, film ini memadukan beberapa unsur, yakni; reka adegan, wawancara dengan narasumber, dokumentasi artikel koran/majalah, dan materi grafis. Selain mengupas sepak terjang perjuangan Romo Mangun di Kali Code dengan segala konflik dan problematik, film ini juga mencoba menguak latar belakang besar yang mendasari perjuangan beliau yang begitu konsisten kepada kaum terpinggirkan, yakni traumaiknya saat menjadi Tentara Pelajar di tahun 1945-an. Skenario film ini berdasar dari novel biografi berjudul “MANGUN” (Elex Media Komputindo, 2016) yang telah melalui riset selama tiga tahun.

Profil Penerima

Penulis dan Sutradara. Telah menerbitkan beberapa buku, antaranya, kumpulan puisi bertajuk “Kepada Rumi”, novel biografi: HATTA, Aku Datang Karena Sejarah (Mizan, 2013), MANGUN: Sebuah Novel (Elex Media Komputindo, 2016), dan CHAIRIL: Ini Kali Tak Ada yang Mencari Cinta (Mizan, 2017). “BUNG di BANDA”, novel terbarunya yang akan segera rilis, merupakan hasil Pogram Residensi Penulis, Komite Buku Nasional & Kemdikbud RI 2018. Sebagian kisah dalam novel itu telah dituangkan ke dalam film dokumenter pendek yang mendapat fasilitasi dari Pusbangfilm Kemendikbud 2019. Pada 2019, proposal filmnya berjudul “SANG MANYAR” terpilih dalam Akatara Indonesia Film Business & Market. Pernah pula menjadi pembicara di Ubud Writers and Readers Festival 2018 untuk main program: Biographical Boundaries.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id