📃 Pertunjukan Teater “Tubuh Plastik”

📋 Siti Dexara Hachika

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 203.000.000
5 November 2020
Disetujui Rp 210.010.000
ncotdexara@gmail.com

Profil Kegiatan

Kecantikan sekarang bukan lagi menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh perempuan saja tetapi juga laki-laki yang dimana sebenarnya hanya untuk sebuah pencitraan diri. Citra merupakan hal yang amat kompleks dimana didalamnya meliputi kepribadian, tubuh dan penampilan individu. Tanpa mengenal gender, laki-laki dan perempuan dijadikan target oleh sistem kapitalis yang mencari keuntungan melalui instrumen kecantikan. Sistem ini akan terus beputar dan tidak akan ada akhirnya. 

 

Pertunjukan teater kontemporer Tubuh Plastik menggunakan metode Tadashi Suzuki dalam eksplorasi tubuh. Para pemain dilatih dengan teknik-teknik dasar sehingga tercipta disiplin tubuh terutama pada bagian kaki. Selain itu penggunaan simbol-simbol sebagai media dalam penyampaian informasi kepada penonton. Pertunjukan yang bersumber dari pengalaman subjektif ini mengajak penonton untuk berpikir secara kritis. Pertanyaan-pertanyaan sengaja ditimbulkan dalam kepala para penonton sehingga muncullah ruang diskusi. 

 

Karya ini merupakan refleksi diri dari yang cukup relvant dengan realitas yang terjadi dimasyarakat hari ini.  tentang tubuh dan pencitraan yang tidak akan dimakan oleh waktu untuk selalu diperbincangkan. Capaian estetik pertunjukan yang merupakan efek dari pencarian eksplorasi yang dilakukan oleh integralisasi kerja sama dari semua aspek yang mendukung pertunjukan ini.

 

Profil Penerima

Dexa Hachika adalah seniman konseptual pertunjukan yang berasal dari Kalimantan. Ia juga seorang aktor, sutradara,  baik itu teater dan perfilman. Karyanya mengeksplorasi tentang kecantikan, pencitraan dan gender. Telah bergelut dalam bidang kesenian selama lebih dari satu dekade. Dexa lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia pada tanggal 23 Agustus 1991 dan memulai pengalaman teater pada usia 12 tahun. Pernah menempuh pendidikan di  Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta (2010) kemudian melanjutkan jenjang pendidikannya di Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan lulus pada tahun 2020. Dexa  berkesempatan bergabung dengan Suzuki Company of Toga (Japan) yang diperkenalkan oleh Yayasan Purnati Indonesia  yang di pimpin oleh Restu Imansari Kusumaningrum.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id