📃 The 9th Borobudur Writers and Cultural Festival 2020

📋 BWCF Society

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 919.760.400
19 - 23 November 2020
Disetujui Rp 787.711.400
admin@borobudurwriters.id

Profil Kegiatan

Tahun ini tidak terelakkan BWCF (Borobudur Writers Cultural Festival) dilaksanakan secara daring. Situasi pandemi memaksa pelaksanaan BWCF ke 9 tidak bisa di Borobudur sebagaimana biasanya. Seluruh progam-progam yang biasanya diadakan di Borobudur tetap disajikan dengan tema tahun ini: Bhūmiśodhana: Ekologi Dan Bencana Dalam Refleksi Kebudayaan Nusantara. Pengurusan koordinasi teknis dengan para pemateri telah dimulai sejak akhir Oktober untuk menjaga kelancaran webinar. Proses kerja melalui rekaman yang dilanjutkan dengan proses editing terlebih dahulu dilakukan karena bertolak dari konsep kerja sinematik dengan arahan seorang sutradara film yang berpengalaman dalam film dokumenter. Ini dilakukan agar festival virtual tidak sekadar perpindahan media saja.
 

Program-program tersebut adalah: Seni Pertunjukan yang terdiri dari 20 paket materi, Sang Hyang Kamahayanikan Award yang terdiri dari 3 paket materi dan Pidato Kebudayaan. Sementara program interaktif dilaksanakan dalam format webinar, yaitu simposium 4 sesi, ceramah umum 2 sesi, forum call for papers 3 sesi, launching buku, temu penerbit, bedah buku, baca relief, morning meditation dan workshop Yoga. Pengurusan koordinasi teknis dengan para pemateri telah dimulai sejak akhir Oktober untuk menjaga kelancaran webinar. Festival dibuka oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Bapak Hilmar Farid secara langsung dari kantor beliau pada tanggal 19 November pukul 10.10 WIB yang disiarkan di kanal YouTube Borobudur Writers & Cultural Festival.

Profil Penerima

BWCF Society adalah sebuah perkumpulan yang berusaha menyelenggarakan perhelatan Borobudur Writers and Cultural Festival setiap tahunnya. BWCF Society juga membuka diri untuk bermitra dan melaksanakan progam-program dalam bentuk riset kebudayaan, sejarah dan agama, penerbitan buku kebudayaan sampai menyelenggarakan pelatihan literasi atau workshop tari dan teater kontemporer yang berbasis pada ketubuhan Nusantara.  

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id