📃 Kotagede yang Kukenal, Kotagede yang Tak Lekang

📋 Mutia Sukma

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 121.610.000
16 September – 15 Desember 2020
Disetujui Rp 102.488.000
mutiasukma@gmail.com

Profil Kegiatan

Ketika saya berusia beberapa tahun, orangtua memutuskan bahwa kami akan tinggal di Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Memori masa kecil saya menggerakkan pikiran saya untuk kembali menggali akar Kotagede dalam perpektif memori yang dipadukan dengan referensi sejumlah literasi, berjalan-jalan mengunjungi banyak perkampungan dan mendatangi banyak sumber.

 

Saya kembali masuk dalam arena sebuah pusat kebudayaan sekaligus sebuah kecamatan administratif yang terjadi tarik-ulur antara mempertahankan sebuah nilai budaya dan sejarah, sekaligus niat untuk pembangunan ke arah modern. Projek yang saya lakukan adalah mencatat apa-apa yang masih tersisa dan patut dipertahankan, baik arsitektur, bangunan, ritual, cinderamata hingga kuliner, maupun masyarakatnya. Buku ini sekaligus mendokumentasikan apa-apa yang mungkin akan berubah, serta apa-apa yang perlu diwarisi. Harapannya, ketika pembaca menikmati buku ini, maka akan diantarkan pada Kotagede yang ideal dan semestinya. Semacam album tempat mereka yang punya kenangan dengan Kotagede, sekaligus informasi bagi mereka yang sedang dan belum mengenal Kotagede. Buku ini juga menapaktilasi hal-hal yang lampau, yang tersisa, dan perlu dilestarikan di antara yang modern, yang tergantikan dan tak terselamatkan. Ia menjadi pintu untuk pulang dan melongok kembali Kotagede, mencatat hal-hal kecil yang mungkin tidak ada dalam sejarah besar.

Profil Penerima

Kerap menulis puisi dan esai yang dipublikasikan di Kompas,Tempo, Media Indonesia, Minggu Pagi, Kedaulatan Rakyat, dll. Buku puisinya yang pertama "Pertanyaan-pertanyaan tentang Dunia masuk daftar pendek Kusala Sastra Khatulistiwa 2017 kategori Buku Pertama dan Kedua. Buku puisi keduanya Cinta dan Ingatan (2019) masuk daftar panjang Kusala Sastra Khatulistiwa 2020 kategori Buku Puisi. Alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Fakuktas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta dan Ilmu Sastra Universitas Gadjah Mada,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id