📃 Walennae Project : Riset dan Produksi Film Dokumenter I Makkunrai “Perempuan di Tanah Merdeka”

📋 Andi Rewo Batari Wanti

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 45.900.500
27 September - 14 November 2020
Disetujui Rp 64.240.000
arewobw.kp@gmail.com

Profil Kegiatan

Film Dokumenter I Makkunrai mengangkat tema tentang perempuan dan kebudayaan dalam perspektif  Bugis. Hal ini didasari adanya keresahan melihat maraknya isu-isu tentang perempuan, sehingga dianggap perlu membuat sebuah karya yang dapat melakukan kontrol wacana terhadap kondisi perempuan masa kini. Tujuan dari kegiatan ini yaitu, mengetahui dan mengkaji secara kritis konsepsi perempuan dalam perspektif Bugis, serta mendokumentasikan fakta – fakta terkait perjuangan perempuan dalam masyarakat.

 

Produksi film ini melibatkan akademisi, pemerhati budaya, mahasiswa, dan masyarakat umum. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat membantu negara dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memelihara nilai-nilai luhur bangsa yang tersimpan pada setiap etnis, seperti Bugis. Pendokumentasian kebudayaan melalui film diharapkan dapat memudahkan masyarakat umum mengakses pengetahuan lintas budaya nusantara di era serba cepat ini, yaitu era teknologi internet, masa tren audio-visual.

Profil Penerima

Andi Rewo Batari Wanti, Lahir di Solo, 7 April 1995. Saat ini masih berproses di Universitas Kehidupan, aktif belajar cara bernafas yang baik, agar bisa menjadi manusia berguna. Gemar merekam kejadian, menggunakan mata sendiri atau mata orang lain lewat membaca, menulis, dan diskusi. Kalau suatu saat seseorang menghadiahkannya kamera, ia akan merilis film setiap tahun.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id