📃 Lokakarya Virtual Penulisan Kreatif: Sejarah Lokal dari Perspektif Perempuan

📋 Perkawanan Perempuan Menulis

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 312.508.020
10 Oktober – 14 Desember 2020
Disetujui Rp 300.010.020
proyekppr@gmail.com

Profil Kegiatan

Lokakarya penulisan kreatif ini secara khusus berangkat dari keinginan mengajak 25 perempuan dari berbagai daerah di Indonesia untuk membaca ulang ruang publik seperti pasar, tempat ibadah, terminal, pelabuhan, alun-alun, pantai, warung kopi, sungai, dll, sebagai sumber sejarah lokal. Alih-alih memahami sejarah lokal hanya melalui arsip institusi atau surat kabar, melalui kegiatan ini kami ingin menghadirkan ruang publik sebagai situs yang memuat beragam cerita, terutama yang terekam dalam ingatan perempuan.

 

Terdapat tujuh kali pertemuan dalam empat sesi belajar yang melibatkan para pemateri dari latar belakang akademisi dan praktisi lintas bidang. Dengan diselenggarakan lokakarya virtual ini, diharapkan ke-25 peserta mendapat pengetahuan mengenai gambaran perempuan dan sastra Indonesia, menggunakan metode riset sebagai kacamata untuk memandang secara peka dan kritis situasi di dalam “diri”, “masyarakat” dan “ruang” masing-masing, serta mampu menajamkan keterampilan menulis. Pendampingan jarak jauh yang dilakukan oleh tim Perkawanan Perempuan Menulis berlangsung sejak proses riset hingga penyuntingan tulisan peserta. Hasil Lokakarya berupa naskah cerita pendek dari para peserta ditayangkan dalam situs web perempuanmenulis.co.

Profil Penerima

Perkawanan Perempuan Menulis (PPM) merupakan komunitas berbasis di Yogyakarta dan memiliki kegiatan-kegiatan berupa eksplorasi tema dan riset penulisan kreatif. PPM didirikan oleh enam perempuan dari enam provinsi dengan semangat kesetaraan serta itikad menciptakan ruang alternatif bagi para perempuan penulis pemula. Pada 2019, PPM menerbitkan buku kumpulan cerpen Tank Merah Muda: Cerita-cerita yang Tercecer dari Reformasi melalui rangkaian proses riset bertemakan “Merekam Ingatan Perempuan Pasca Reformasi”. PPM dapat dihubungi melalui surel proyekppr@gmail.com atau kunjungi website kami di perempuanmenulis.co. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id