📃 Enhancing Musical World Views: Desiminasi Karya Musik Sebagai Sarana Penguatan Solidaritas Keberagaman Sosio-Kultural

📋 Irwansyah Harahap

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 750.000.000
November 2020
Disetujui Rp 662.500.000
suarasama@yahoo.com

Profil Kegiatan

Keikutsertaan Irwansyah Harahap (SUARASAMA) dalam program Fasilitasi Bidang Kebudayaan tahun 2020 yang diselenggarakan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI adalah satu upaya diseminasi khazanah pengetahuan genre World Music kepada publik. Diseminasi diartikan sebagai prakarsa untuk berbagi pengetahuan, khususnya karya SUARASAMA dan khazanah World Music.
 

Upaya penyebarluasan pengetahuan, metode dan idiom musikal yang terdapat di dalam komposisi musik karya Irwansyah Harahap (SUARASAMA) yang telah dikerjakan selama lebih kurang 25 tahun. Upaya diseminasi dilakukan dalam 3 bentuk kegiatan, yakni: 1) produksi rekaman album musik terbaru; 2) pembuatan 14 materi seri klinik/lecture/workshop musik di kanal media baru (new media) daring, dan; 3) workshop dan konser tiga kota di Indonesia, yakni Medan, Solo dan Depok-Jakarta. Album musik diberi judul “Journey,” dimana di dalamnya terdapat 9 (sembilan) buah komposisi karya terbaru. Irwansyah menggali referensi musikal dari berbagai tradisi di dunia.

 

Beberapa di antaranya tergolong eksplorasi baru (dibandingkan karya-karya sebelumnya), antara lain tradisi musik tanah Borneo serta Aceh yang berpadu dengan idiom dari Timur Tengah, Asia Tengah dan Kemelayuan. Sementara itu, klinik musik berisi uraian teknis konsep musikal SUARASAMA, presentasi dan mencontohkan permainan beberapa instrumen musik. Klinik musik ini dibagi ke dalam 14 paket video dan akan diunggah di akun Youtube SUARASAMA.

Profil Penerima

Irwansyah Oemar Harahap, pria kelahiran Medan ini merupakan lulusan Master Etnomusikologi di University of Washington, Seattle, Amerika Serikat. Berkarir sebagai ethnomusicologist, musician dan composer di Suarasama sebuah grup musik yang didirikan bersama istrinya Rithaony Hutajulu Irwansyah. Ia merupakan pengajar di jurusan Ethnomusicology Universitas Sumatra Utara ( USU ), aktif dalam berbagai studi musik dan misi kesenian, serta sering tampil dalam berbagai festival musik yang diselenggarakan di dalam maupun di luar negeri.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id