📃 Modul Music Entrepreneurship

📋 Hudharto Hariseno

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 83.264.500
16 September - 8 November 2020
Disetujui Rp 83.264.500
hariseno.music@gmail.com

Profil Kegiatan

Program ini bertujuan untuk mengatasi ketimpangan literasi tentang industri musik dan kewirausahaan musik antara musisi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dengan musisi/ calon musisi yang tinggal di daerah/ kota-kota kecil. Salah satu indikator dari ketimpangan literasi industri musik di Indonesia adalah masih minimnya musisi daerah yang bisa menembus industri musik Indonesia secara nasional. Setelah mengikuti program ini, peserta diharapkan akan mempunyai bekal wawasan kewirausahaan musik yang cukup untuk membangun karir musiknya dari daerah masing-masing.

 

Tahap pertama dari program ini adalah pembuatan modul berupa teks menggunakan literatur buku industri musik, manajemen, pemasaran dan kewirausahaan musik yang digunakan oleh kampus-kampus industri musik internasional di Eropa dan Amerika. Modul yang dibuat kemudian dibagi menjadi tiga topik yaitu kewirausahaan musik, manajemen musik dan pemasaran musik. Setelah ketiga modul ini selesai dibuat kedalam bentuk teks, dibuatlah video yang berisikan poin penting kewirausahaan musik yang kemudian diunggah ke YouTube.

 

Pelaksana program ini kemudian membuat pelatihan kewirausahaan musik secara daring menggunakan platform YouTube, website untuk menyebarkan ebook modul kewirausahaan musik dan live streaming tanya jawab agar peserta bisa melakukan tanya jawab langsung tentang modul yang dipelajari mulai dari 26 hingga 28 Oktober 2020. Peserta yang mengikuti pelatihan Kewirausahaan Musik ini melebihi 300 orang dari seluruh penjuru Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Selanjutnya pada tanggal 7-8 November 2020 diadakan pula Konferensi Kewirausahaan Musik secara daring yang diisi oleh para praktisi industri musik Indonesia nasional dengan tema “Musisi Indonesia” Berjaya dan Mendunia”.

Profil Penerima

Hudharto Hariseno yang biasa disapa Hari, berdomisili di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sebelumnya pernah menempuh pendidikan S2 Industri Musik di Liverpool Inggris dengan beasiswa dari LPDP Kementerian Keuangan. Pada saat di Eropa, ia aktif mengikuti konferensi musik internasional, dan menyadari bahwa literasi dan kemampuan entrepreneurship/ kewirausahaan musik sangat penting dimiliki oleh musisi agar bisa membangun karir musik yang berkelanjutan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id