📃 Doc Wire: Di Balik Layar Dokumenter

📋 Varadila Nurdin (Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia)

 Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 198.000.000
1 September – 20 November 2020
Disetujui Rp 198.000.000
 info@in‐docs.org

Profil Kegiatan

Doc Wire: Di Balik Layar Dokumenter adalah sebuah program video yang berupaya mengarsipkan pengetahuan dan pengalaman dari para pembuat film dokumenter Indonesia yang menghasilkan karya dokumenter penting di sepuluh tahun terakhir, mulai dari 1 Januari 2011 sampai 31 Desember 2020. Sebanyak 20 sutradara pembuat film dokumenter diundang untuk mendiskusikan karya mereka, mulai dari eksplorasi ide cerita, proses kreatif, pengetahuan teknis, kendala, dan beragam ‘perjuangan’ seorang pembuat dokumenter untuk melahirkan karya. Dikarenakan program dilaksanakan pada masa pandemi Covid‐19, kedua puluh sutradara melakukan perekaman video secara mandiri dan diunggah ke kanal YouTube 'In‐Docs Indonesia' selama periode 11 ‐ 20 November 2020.

 

Pembuat film dan karya yang diundang dalam Doc Wire dikurasi untuk mewakili keberagaman dan kekayaan film dokumenter Indonesia yang dirilis selama satu dekade terakhir. Proses perekaman dan pengarsipan ini dilakukan agar pengetahuan, pengalaman dan ide dari pembuat film dokumenter Indonesia dapat menginspirasi generasi baru pembuat film dokumenter, dan dapat menjadi pembelajaran yang menggugah. Semua video hasil rekaman tersedia di kanal Youtube 'In‐Docs Indonesia' dan dapat diakses oleh umum secara bebas dan gratis untuk waktu yang tidak terbatas. Program ini merupakan kesempatan bagi para pembuat film terpilih untuk membingkai konteks pembuatan filmnya, sehingga dapat diapresiasi secara luas dan menginspirasi generasi mendatang.

Profil Penerima

Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia melalui In‐Docs mendukung terciptanya budaya  keterbukaan melalui medium dokumenter dengan mendesain program‐program yang dapat  meningkatkan kapasitas para pembuat film, memperluas akses penyebaran film‐film  dokumenter bagi penonton, serta menghubungkan sejumlah film dokumenter dengan mitra‐mitra strategis yang dipercaya mampu memberi dampak lebih di masyarakat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id