📃 Augmented Reality Tembang Dolanan Anak (ARTDA versi 1.0)

📋 Laboratorium Sariswara Tamansiswa

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 150.500.000
1 September - 30 November 2020
Disetujui Rp 150.500.000
lab.sariswara@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini berupa Buku & Aplikasi Android gabungan antara Tembang Dolanan Anak khas Tamansiswa dengan Aplikasi memakai basis Teknologi Immersif. Basis teknologi immersif yang dimanfaatkan yaitu teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi ini dipilih karena mampu berkolaborasi dengan Metode Sariswara untuk menjawab kemajuan jaman saat ini serta tantangan di masa pandemi yang sedang berlangsung.  Dengan memanfaatkan teknologi AR ini, membuktikan bahwa Tembang Dolanan Anak khas Tamansiswa mampu beberapa langkah maju ke depan menyesuaikan sistem pendidikan di era industri 4.0. Aplikasi gabungan ini nantinya berupa Buku Petunjuk Teknis tata cara memainkan tembang dolanan anak khas Tamansiswa. Buku ini dikolaborasikan dengan teknologi AR akan menghasilkan aplikasi yang interaktif diberi nama: ARTDA versi 1.0 (Augmented Reality Tembang Dolanan Anak).

 

Di buku ini akan ada beberapa gambar yang apabila dilihat dengan kamera HP Android akan memunculkan animasi 3D yang menarik sekaligus informatif. Informasi yang ada di aplikasi akan dihubungkan melalui internet dengan menyertakan link file audio dan video. Dua metode berkolaborasi, baik Metode Sariswara yang mungkin dianggap kuno mampu berpadu dinamis dengan metode AR yang mewakili teknologi terbaru abad ini. Di proyek ini akan muncul 10 Buku Interaktif Augmented Reality dengan judul sesuai dengan jenis 10 permainan anak dengan lagu/tembang

Profil Penerima

Laboratorium Sariswara dibawah asuhan Badan Khusus Taman Kesenian Tamansiswa merupakan komunitas mandiri yang bergerak mendokumentasikan – meneliti – mengembangkan dan membumikan “Metode Sariswara”. Sebuah metode pendidikan kesenian untuk melandasi watak anak sesuai gagasan Ki Hadjar Dewantara. Beliau menggabungkan tiga pendidikan seni ini (lirik/bahasa-lagu-cerita) dalam satu kesatuan metode pendidikan. Itulah “Metode Sariswara”.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id