ūüďÉ Produksi Literasi Digital Secret File of Batak & Film, Sisingamaraja XII: Pemimpin Suci & Raja Seluruh Batak

ūüďč Adventure Documentary Festival Academy

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 950.610.000
Agustus-November 2020
Disetujui Rp 950.610.000
adfaacademy.indonesia@gmail.com

Profil Kegiatan

Produksi Literasi Digital Secret Files of Batak & produksi film SISINGAMANGARAJA XI, terdiri dari kegiatan:

1.Literasi Digital Secret Files of Batak, mengangkat tema ‚ÄúThe Kings of Batak‚ÄĚ.

2.Film dokumenter drama Sisingamangaraja XII, mengangkat tema ‚ÄúThe Last King from Bakara‚ÄĚ.

3.Keluaran dari literasi digital dan juga film dokumenter berupa buku eksplorasi dan cerita bergambar berjudul ‚ÄúSisingamangaraja XII, Raja Tangguh dari Tanah Bakara‚ÄĚ

 

Program ini bertujuan untuk melestarikan peradaban Batak, dan mengenang jasa perjuangan Sisingamangaraja XII yang dikemas dalam literasi digital dan film dokumenter sejarah perjuangan Sisingamangaraja XII. Secara tidak langsung dapat mendorong pendirian Museum Sisingamangaraja untuk mendigitalisasikan dan menyimpan bukti sejarah Sisingamangaraja XII baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Wadah tersebut juga akan dikembangkan sebagai Workshop Galery dan Pusat Studi Batak. Bahan film, literasi, buku akan melengkapi kebutuhan informasi dan pustaka ilmu di Istana Bakara milik keluarga Sisingamangaraja dan dapat dimanfaatkan kepada seluruh publik.

 

Kekuatan program ini adalah untuk mengungkap perjalanan dan siapa sosok Sisingamangaraja XII yang merupakan gelar turun temurun Raja Harajaon Toba, berkedudukan di Bakara. Sisingamangaraja artinya Sang Maharaja, ia juga Imam Suci tokoh panutan Tanah Batak dan memiliki keistimewaan, keunggulan, dan kearifan yang dihormati sebagian besar orang Batak. Kegigihannya menyatukan Raja-Raja Batak mempertahankan peradaban Tanah Batak dari penjajah Belanda dapat menjadi tauladan bangsa Indonesia untuk menjaga kearifan lokal budaya Batak & mempertahankan Kebhinnekaan dan NKRI.

Profil Penerima

Adventure Documentary Festival Academy (ADFA) adalah organisasi bergerak di bidang sejarah seni jelajah budaya. ADFA  memiliki program bernama Secret Files of Indonesia (SEFI), yang bertujuan untuk mempertahankan file-file nusantara berupa sejarah, mitos, legenda, dongeng dsb. File-file tersebut tak lepas dari cerita masyarakat, naskah kuno yang ada di lokasi & peristiwa bersejarah, serta artefak yang tersebar di Indonesia. SEFI bermanfaat membuka wawasan dan membangun karakter jati diri bangsa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id