📃 Workshop Aplikasi Pementasan (Menelisik Intelektualitas Nenek Moyang Melalui Seni Budaya).

📋 Eko Aprianto Romadona (Sanggar Seni Congwayndut)

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 884.821.640
27 - 31 Oktober 2020
Disetujui Rp 762.032.000
congwayndut@gmail.com

Profil Kegiatan

Berawal dari tema FBK yaitu Merajut Harmoni Kebhinnekaan, kami dari Sanggar Seni Congwayndut menanggapinya dengan serius. Lemahnya generasi muda tentang pengetahuan seni dan budaya yang akhirnya mendorong kami untuk berprinsip yaitu “meregenerasi penonton”. Dengan memunculkan generasi-generasi baru, akan menciptakan sesuatu yang inovatif, kreatif, dan berjiwa luhur untuk kemajuan pribadi maupun orang banyak terkhusus bangsa Indonesia.

 

Ide melakukan workshop dengan aplikasi pentas di tingkatan siswa adalah untuk memupuk generasi generasi bangsa sejak dini sampai remaja yang berimplikasi melahirkan generasi-generasi yang berkarakter dan cinta akan seni dan budaya yang dimilikinya. “Workshop” dapat dimaknai sebagai proses dan “aplikasi pentas” adalah hasil dari proses di mana sebagai bekal membentuk bakat, skill dan pengetahuan di masa depan. Dalam merajut semua itu, kami mengelompokkan para siswa (SD, SMP, SMA) menjadi satu kelompok. Pengelompokan ini bertujuan untuk membangun kerjasama, kekompakan, memahami dan saling belajar memaknai perbedaan. Hasil dari aplikasi tersebut yang akhirnya melahirkan harmoni pementasan yang berasaskan kebhinnekaan.

 

Kegiatan ini juga menggandeng influencer dalam kegiatan ini yang bertujuan, untuk berbagi pengalaman dan wawasan kepada peserta workshop, serta sebagai jalur promosi kegiatan. Hasilnya berimplikasi kepada peserta workshop kelak agar mampu memperkenalkan kekayaan seni dan budaya yang dimilikinya, tidak hanya di Indonesia saja bahkan, sampai ke kancah Internasional.

Profil Penerima

Sanggar Seni Keroncong Wayang Gendut, atau yang selanjutnya disebut dengan Congwayndut, adalah kelompok wayang inovatif yang secara hukun berkedudukan di Dusun Jetis, Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Congwayndut adalah kelompok wayang yang menggunakan keroncong modern sebagai musiknya dan Ki Gendut (Dwi Suryanto) sebagai dalangnya. Pertunjukan Congwayndut mengangkat cerita yang bersumber dari fenomena sosial, kemudian diungkapkan kembali melalui tokoh-tokoh Ramayana dan Mahabarata. Sajiannya dikemas singkat kurang lebih 2-3 jam pertunjukan, dan dibawakan dengan gaya komedi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id