📃 Sikkapedia: Pusaka Budaya Sikka Berbasis Digital

📋 Frans Bunda

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 533.140.000
10 September - 28 November 2020
Disetujui Rp 478.500.000
nyongfranco@gmail.com

Profil Kegiatan

Ada kegelisahan terhadap pergeseran moral pada kaum remaja dan anak-anak. Banyak yang sudah melupakan tata cara dan budaya kearifan lokal dalam perilaku dan tutur kata setiap hari. Anak-anak dan remaja lebih senang bermain game dan menikmati hiburan di internet dibandingkan dengan sekedar bercerita dengan orang tua atau dengan teman sebayanya. Apalagi di masa Pandemi Covid-19, anak-anak dan remaja semakin intens menggunakan Hp dengan internet karena sekolah online.

 

Berangkat dari kegelisahan itu, Frans Cornelis Dian Bunda (Nyong Franco) mengikuti Program FBK 2020 dengan mengajukan proposal Kategori Penciptaan Karya Kreatif Inovatif Perorangan. Proposal tersebut diajukan dalam bentuk program Pustaka Budaya Digital. Dalam bentuk digital sehingga anak-anak dan remaja akan mudah dan tertarik mengakses sambil belajar budaya sendiri. Nyong Franco kemudian membentuk Tim Kerja untuk mulai mengumpulkan data dari para narasumber, memvalidasi data-data tersebut, lalu meliputnya atas persetujuan Tim Ahli dan kemudian akan diproduksi menjadi konten-konten digital dan diberi nama SikkaPedia. Sikkapedia adalah bentuk digitalisasi dari konten-konten budaya di Kabupaten Sikka, yang berisi Situs, Ritus dan Portofolio Seniman yang mempunyai karya seni monumental.

 

Website resmi SikkaPedia bisa diakses di alamat www.sikkapedia.com/home

Profil Penerima

Frans Cornelis Dian Bunda atau dikenal sebagai Nyong Franco merupakan penyanyi yang bermukim di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Ia sempat menceritakan asal usul lagu "Gemu Fa Mi Re" yang ditulisnya pada tahun 2011 di kawasan hutan di pinggir kota Maumere.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id