📃 Performing Art Karaeng Naba (Asimilasi Jawa – Sulawesi)

📋 Ahmad Wildan

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 684.310.000
11 November 2020
Disetujui Rp 562.240.000
rumbia.wildan@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya ini berupa Pertunjukan (performing art) yang berlangsung secara paralel di dua tempat, yakni di Makassar dan Yogyakarta. Dimulai dari Makassar dengan mengambil latar peristiwa pasca-perang Makassar, lalu berlanjut hingga ke tanah Jawa. Ada kebebasan yang direnggut pasca-perang, lalu berusaha dicari di tanah perantauan (harapan).
 

Selain menguji-cobakan format pertunjukan secara paralel di dua lokasi berbeda, Performing Art Karang Naba juga mencoba bermain-main dengan teknologi. Pertunjukan digital acap kali bermasalah ketika telah ditransmisikan, yang sekadar tampak hanya serupa “dokumentasi pertunjukan”. Pengalaman estetis yang didapatkan ketika menonton pertunjukan secara langsung seolah hilang saat ia ditampilkan secara daring. Pertunjukan ini berupaya memberikan tawaran artistik untuk menampilkan sebuah pertunjukan secara daring. Teknologi digital tidak hanya diposisikan sebagai alat, tetapi juga sebagai medium yang sangat menentukan dimensi estetis dari pertunjukan ini. Intinya, pertunjukan ini coba menawarkan cara tutur baru (seni pertunjukan) melalui medium teknologi digital (film), yang berlangsung real time (Live Streaming).

Profil Penerima

Ahmad Wildan, semenjak mahasiswa aktif menulis naskah sekaligus menjadi sutradara teater, Mengawali kiprah di film sejak tahun 2008 melalui beberapa produksi film dokumenter, Selama 2 tahun aktif melakukan riset dan pendampingan komunitas suku same Bajo di Kab. Kolaka, Sultra. 2 kali tercatat sebagai semifinalis Eagle Award Documentary Competition Metro TV, 2008 & 2011. Co. Director pada film “Melawan Takdir” 2017. Menginisiasi terbentuknya SKY Project Official, sebuah wadah untuk kerja kerja kreatif (Film). Inisiator dan Direktur Celebes Film Festival 2019 (CFF)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id