📃 Workshop dan Pameran Galeri Kertas Studiohanafi

📋 Yayasan Meruyung Studiohanafi

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 175.600.000
20 Oktober - 20 November 2020
Disetujui Rp 294.900.000
studiohanafi.com

Profil Kegiatan

Kerja perupa di atas kertas, pada sisi tertentu, kerap dianggap sebagai prakarya. Bahkan, sketsa-sketsa yang ditorehkan di atas kertas sebagai acuan untuk sebuah karya patung atau instalasi, misalnya, seringkali sekedar menjadi acuan dua dimensi dari karya tiga dimensi yang dituju. Oleh karena itu, Galerikertas Studiohanafi merancang pameran seni rupa berbasis kertas yang diikuti oleh perupa berpengalaman dan perupa muda dalam bentuk pameran, residensi, dan workshop.

 

Pameran itu terbagi dalam dua rangkaian yakni Pameran Karya Kertas Irawan Karseno dan Pameran Perupa Muda pilihan Irawan Karseno (hasil workshop dengan Irawan Karseno); Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan mendasar, yakni untuk memperluas kemungkinan penciptaan karya seni rupa yang menggunakan kertas; membuka ruang pertemuan antara perupa berpengalaman dengan perupa muda, yang sama-sama mengolah kertas, dalam format residensi, workshop, dan pameran; memperluas pengalaman masyarakat perkampungan Parung Bingung.

Profil Penerima

Studiohanafi berdiri pada tahun 1999 sebagai komunitas nirlaba, sebuah ruang untuk penciptaan karya, dan residensi seniman muda, di antaranya residensi yang digagas Hanafi, Nukila Amal, Zen Hae dan Adinda Luthvianti dalam wadah Masyarakat Indonesia Cipta (MIC) pada tahun 2012. Pada tahun 2018, studiohanafi membuka ruang baru yaitu galerikertas, yang berfokus pada regenerasi perupa muda yang berkarya dengan medium kertas dengan pendekatan sharing metode penciptaan dari perupa berpengalaman kepada perupa muda. Pada masa pandemi covid-19, studiohanafi tetap membuka ruang dengan protokol kesehatan yang ketat; pameran, proses penciptaan seni pertunjukan, pengambilan gambar untuk karya seni yang menggunakan platform digital, dan residensi bagi seniman muda.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id