📃 Instalasi Pertunjukan Lusi dan Pakan Sumbi

📋 Taufik Darwis

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 736.955.000
27 - 29 November 2020
Disetujui Rp 576.862.000
darwistaufik@gmail.com

Profil Kegiatan

Karya Lusi Pakan Sumbi  merujuk kepada dua hal, yaitu: alat tenun tradisional dari khazanah kepengrajinan kain, yang juga dikaitkan dengan satu momen legenda di Jawa Barat saat jatuhnya gulungan benang pakan dari tangan Sumbi saat menenun Boeh Rarang. Siapapun yang dapat mengambil gulungan benang tersebut akan mendapatkan 'imbalan'. Tumang, anjing jantan penjaganya Sumbi, yang membawakan benang tersebut pada akhirnya menjadi suami dari Sumbi.

 

Tumang dalam proyek seni ini, kemudian dijadikan landasan melihat relasi kekuasaan dan pesuruh, labourship, dan kerentanan masalah di sekitar semesta “gulungan benang”, yaitu: tekstil. Masalah tak selesai saat Tumang memberikan gulungan benang kepada Dayang Sumbi. Hari ini gulungan benang kemudian menjelma menjadi “peradaban tekstil” yang rumit dan berlapis, mulai dari hulu produksi (pabrik dan manufaktur) hingga hilir presentasi (fashion show).

 

Pertunjukan instalasi tekstil Lusi dan Pakan Sumbi yang dipentaskan pada tanggal 27-29 November 2020 ini dikerjakan melalui tahap perancangan dari mulai observasi, riset, latihan (studio), perancangan busana, hingga pertunjukan. Proses karya ini  menggabungkan desain seni pertunjukan dengan fashion, mendefinisikan ulang panggung dan cat walk. Karya ini berfokus pada potensi performatif-instalatif,koreografis dari siklus residu produksi tekstil-garmen, peragaan busana dan pengenaan pakaian. Pertunjukan ini melibatkan beberapa profesi seperti: seniman (seni pertunjukan, seni rupa, seni musik, dan multimedia), desainer fesyen, dan model.

Profil Penerima

Taufik Darwis adalah seorang dramaturg, kurator, peneliti, dan sutradara teater asal Bandung. Dia adalah salah satu pendiri Bandung Performing Arts Forum (BPAF), kolektif seni lintas disiplin yang bergiat dalam studi dramaturgi dan produksi pertunjukan. Dalam laku artistiknya, alumni Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ini mengelaborasi seni, nilai sejarah, sosial, dan budaya di suatu subjek dan lokasi yang berbeda dengan visi menciptakan karya transdisiplin. Di luar BPAF, dia pernah bekerja sebagai freelancer kurator dalam program Kampana di Indonesian Dance Festival, dan kurator tamu di program Cabaret Chairil (Platform transit dan pengembangan karya eksperimental) di Teater Garasi/ Garasi Performance Institute. Pada tahun 2020, proyek podcastnya, Toward an Ordinady Day  didanai oleh The Center for Applied Human Rights, Universitas of York, London.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id