๐Ÿ“ƒ Video Dokumenter Drama "Sumpit"

๐Ÿ“‹ Muhammad Yulius

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 743.325.000
September - November 2020
Disetujui Rp 521.657.000
yulius1073@yahoo.com

Profil Kegiatan

Kisah tentang persahabatan tiga bocah berbeda etnis di Kalimantan Barat. Mereka ialah Lukman anak Melayu, Andam bersuku Dayak, dan Asing beretnis Cina. Pada suatu hari, menjelang Hari Kemerdekaan, Pak Leo seorang pengurus olahraga sumpit, datang ke rumah Andam. Ia bertanya keberadaan tentang ayah Andam yang pernah berjaya dan diandalkan sebagai atlet sumpit andal di Kalimantan Barat. Andam bercerita bahwa ayahnya tak kunjung pulang setelah bertahun-tahun mencari kerja di Pontianak. Singkat cerita, akhirnya Andam dan teman-teman memutuskan untuk mencari ayah Andam ke pelosok Ibu Kota. Sumpit, sebuah olahraga tradisional suku Dayak ini, menjadi alur cerita utama dalam film dokumenter drama Sumpit yang diproduseri oleh Muhammad Yulius.
 

Film dokumenter ini terinspirasi dari Festival Budaya Bumi Nusantara di mana festival sumpit digelar. Adapun produksi dokumenter Sumpit ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya cita-cita para atlet sumpit di Singkawang, yakni membawa sumpit menjadi salah satu cabang olahraga yang diakui oleh KONI Pusat dan dipertandingkan dalam event Pekan Olahraga Nasional (PON). Sekaligus menyosialisasikan sumpit sebagai bagian penting dari khazanah kebudayaan Nusantara melalui video dokumenter drama Sumpit ke masyarakat luas.

Profil Penerima

Muhammad Yulius adalah penulis, produser, dan sutradara. Karyanya antara lain Antologi Puisi Indonesia, GraffitiImagi, Salju di Mata Ibu, antologi cerpen Pusat Bahasa, Yang Dibalut Lumut, antologi cerpen Depdiknas-CWI, Senja Kala SK Trimurti (dokumenter 2007), Invidia (Festival Film Pendek Jakarta 2019), dan Kisah Keluarga Aspal (DJKI & JICA 2020).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id