📃 Festival Rinjani IV

📋 Santiri Foundation

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 988.045.000
20 - 23 November 2020
Disetujui Rp 988.045.000
santiri_foundation@yahoo.com

Profil Kegiatan

Festival Rinjani IV merupakan kegiatan festival yang sudah dilaksanakan sebanyak empat kali. Festival Rinjani IV ini mengusung tema “Betabek, Mengeja Kembali Rinjani”. Mengeja kembali Rinjani dimaksudkan adalah melihat kembali situasi Gunung Rinjani setelah apa yang dilakukan oleh masyarakat yang berada di lingkar Rinjani maupun luar lingkar Rinjani. Kegiatan diawali dengan melakukan pelacakan (pemetaan) dan mengumpulkan kembali puing-puing Kebudayaan yang rusak dan terserak akibat bencana alam maupun sosial, dalam hal ini, berupa gempa bumi dan pandemi COVID-19. 

 

Kegiatan Festival Rinjani IV dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan berupa Sangkep Adat yang meminta pendapat dan masukan dari masyarakat adat terkait dengan permasalahan yang ada di lingkar Rinjani. Sangkep Adat dilaksanakan di Bayan pada tanggal 26 September 2020 dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat adat yang peduli dengan kondisi dan perkembangan Gunung Rinjani. Sangkep Adat dilaksanakan karena didasari dari kondisi di mana selama ini yang menjaga dan merawat rinjani adalah masyarakat adat, tetapi yang mengelola dan mengolahnya tidak hanya masyarakat adat sehingga Rinjani menjadi semakin rusak. Bersamaan dengan rangkaian acara menuju puncak festival, Festival Rinjani juga melaksanakan kegiatan yang lebih menyasar kepada kaula muda dan penggiat UMKM. Kegiatan yang menyasar kaula muda yakni Kompetisi Yora Hero yang bertujuan menjaring para kaula muda yang peduli dengan kelestarian budaya dan alam lingkar Rinjani kemudian dituangkan ke berbagai media seni.

Profil Penerima

Santiri Foundation (SF) adalah organisasi non pemerintah yang berada di Kawasan Timur Indonesia yang memiliki tujuan untuk bertujuan untuk mempercepat terjadinya perimbangan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat antara Kawasan Barat dengan Kawasan Timur Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id