šŸ“ƒ Film "Batanghari Tak Pernah Ingkar Janji"

šŸ“‹ Ruang Film Rakyat Jambi

Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
Diajukan Rp 324.000.000
15 September - 30 November 2020
Disetujui Rp 364.638.400
home.digital.video@gmail.com

Profil Kegiatan

Sungai batang hari yang berada di Provinsi Jambi mempunyai berbagai cerita yang dapat dieksplorasi. Salah satu cerita yang hingga sekarang masih kerap terdengar terutama di wilayah Seberang Kota Jambi adalah tentang adanya sebuah mitos yang dipercaya oleh penduduk Jambi, ā€œBarangsiapa yang meminum air Sungai Batanghari, sejauh jauhnya melangkahkan kaki ia pasti akan kembali ke Jambiā€. 

 

Film ini mencoba mengintrepetasikan mitos tersebut kedalam bingkai keberagaman di kota Jambi, yang diperankan oleh Bedul dan Toni sebagai sahabat karib. Suatu ketika Toni yang hendak pergi meninggalkan kota, dibekali Bedul air sungai Batanghari berderigen-derigen sebagai tanda perpisahan. Adapun karya "Batanghari Tak Pernah Ingkar Janji" ini sekaligus mengajak masyarakat Jambi secara khusus untuk dapat ikut serta mengenalkan kepada masyarakat luas ā€œnasionalā€ tentang budaya dan kebiasaan yang ada di Provinsi Jambi. Mengingat banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah yang saling berkaitan satu sama lain.

Profil Penerima

Ruang Film Rakyat berdiri di Kota Jambi pada tanggal 7 November 2018 dan telah terdaftar di Kemenkumham pada tahun 2020. Lahirnya Ruang Film Rakyat ini merupakan bentuk kesadaran berbagai komunitas, pemerhati, dan penggiat Film di Jambi untuk memberikan kontribusi membangunan Jambi melalui karya-karya nyata.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id