๐Ÿ“ƒ Penerbitan Buku Gusmiati Suid: Retropeksi Pembelajaran Tari Dari Kampung Hingga Rantau

๐Ÿ“‹ Esha Tegar Putra

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 245.000.000
15 Oktober - 15 Desember
Disetujui Rp 245.052.000
eshategarputra@gmail.com

Profil Kegiatan

Pada 2018 silam, Indonesian Dance Festival (IDF) memberikan penghargaan untuk Gusmiati Suid (almarhumah), maestro tari kontemporer Indonesia. Penghargaan diberikan oleh Prof.Dr. Edi Sedyawati dan Dr. Julianti Parani untuk mengingat dedikasi koreografer asal Sumatera Barat tersebut dalam melahirkan karya-karya tari kontemporer dengan kekuatan basis tradisi Minangkabau. Sepanjang karirnya sebegai seorang koreografer, lompatan besar telah dilakukan Gusmiati Suid dalam mengelaborasi tubuh tradisi ke bentuk baru dan wacana baru dalam dunia tari di Indonesia. Lompatan tersebut, sebagaimana juga dilakukan Huriah Adam selaku gurunya, menghadirkan sebentang lanskap yang membuat peneliti dan pemerhati mengingat jauh ke belakang bagaimana seni tradisi dapat menghasilkan tari- tari dengan gerak begitu rampak dan bertabur filosofi sekaligus menatap jauh ke depan bagaimana pola-pola gerak yang dihasilkannya memperkaya khazanah gerak tari kontemporer Indonesia.

 

Untuk itu, penulisan buku yang berjudul Penelitian Tentang Maestro Tari Kontemporer Gusmiati Suid: Retropeksi Pembelajaran Tari Dri Kampung Hingga Rantau ini menyingkap bagaimana pola gerak yang dihasilkan Gusmiati Suid mampu memperkaya khazanah gerak tari kontemporer Indonesia. Bahkan, Gumarang Sakti, sanggar seni tari yang didirikannya, diakui secara internasional sebagai sebuah akademi yang mampu mendorong silek menjadi kekuatan tersendiri di kelompok seni.

Profil Penerima

Esha Tegar Putra adalah seorang penyair Indonesia. Bersama beberapa orang seniman lainnya ia menggagas Padang Literary Biennale 2014 pada September 2014. Puisi, cerpen dan esainya dipublikasikan di berbagai antologi bersama serta media cetak nasional dan daerah, seperti di harian Kompas, koran Tempo, dan lainnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id