📃 Produksi Film Dokumenter Panjang “DOLO”

📋 Forum Lenteng

Dokumentasi Karya/Pengetahuan Maestro
Diajukan Rp 628.077.000
24 Agustus 2020 – 25 November 2020
Disetujui Rp 502.461.600
info@arkipel.org

Profil Kegiatan

Film dokumenter DOLO—Perjalanan Karir dan Estetika Maestro Patung Dolorosa Sinaga mer­upakan inisiasi untuk merekam sejumlah seni­man-seniman senior kita dalam bentuk film dokumenter. Dolorosa Sinaga adalah salah satu tokoh sentral dalam perkembangan seni patung dan gerakan perempuan di Indonesia. Selain sebagai seniman, ia juga seorang pendidik yang hingga saat ini masih sangat aktif. Ada banyak murid-mu­ridnya yang menjadikannya sebagai ‘role-model’ sebagai seniman aktifis yang memberikan ban­yak kontribusi bagi perubahan perspektif tentang perempuan dan pilihan-pilihan politis dalam berkesenian. 

 

Dalam produksi film DOLO, Hafiz Rancajale sebagai sutradara dalam merealis­asikannya. Pilihan ini tidak lepas dari latar belakang sang sutradara, selain sebagai seorang pem­buat film dokumenter, juga seorang seniman dan kurator senirupa. Hafiz juga merupakan salah satu murid Dolorosa Sinaga, yang punya kedekatan khusus, terutama dalam dunia pendidikan alternatif seni dan sebagai tokoh pergerakkan sosial. Sehingga dalam film ini diharapkan akan muncul berbagai perspektif yang akan memberikan ruang yang sangat luas bagi penonton tentang tokoh Dolorosa Sinaga, yang pada tahun ini merayakan 40 tahun berkarir di dunia seni. 

Profil Penerima

Forum Lenteng adalah organisasi non-profit berbentuk perhimpunan dengan anggota individu yang didirikan oleh pekerja seni, peneliti budaya, mahasiswa komunikasi/jurnalistik pada tahun 2003, yang bekerja mengembangkan pengetahuan media dan kebudayaan melalui pendidikan alternatif berbasis komunitas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id