📃 ”Festival Permainan Rakyat dan Pertandingan Olahraga Tradisional” se-Jawa Barat

📋 Komunitas Anggota Masyarakat Peduli (KAMP) Garut

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 480.000.000
17-19 November 2020
Disetujui Rp 342.310.000
kampgarut65@gmail.com

Profil Kegiatan

Kegiatan ini terdiri dari 2 (dua) kegiatan, yaitu “Festival Permainan Rakyat” yang merupakan tampilan seni pertunjukan berisi cerita mengenai kebiasaan anak-anak kecil, remaja hingga dewasa juga sebenarnya yang dilakukan pada saat terang bulan (dimainkan malam hari). Mereka bermain di halaman rumah memainkan permainan-permainan rakyat diselingi atau diiringi nyanyian-nyanyian terkait dengan permainan tersebut. Peserta Festival ini adalah tingkat SMA dan sederajat.

 

Kegiatan kedua adalah “Pertandingan Olahraga Tradisional” yang memainkan beberapa permainan yang telah memiliki ketentuan yang dibakukan dan berlaku secara nasional (melalui Komite Permainan rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia, atau KPOTI) maupun yang belum dibakukan aturan mainnya, namun dengan mudah ditentukan pemenangnya.

 

Kedua kegiatan ini erat kaitannya dengan pembudayaan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional yang sarat akan nilai filosofis maupun menjadikan tubuh pelaku menjadi bugar dalam kebahagiaan, tentu saja ini perlu terus dilakukan secara berkesinabungan karena mengandung multi efek baik terhadap budaya dan olahraga itu sendiri maupun terhadap kepariwisataan serta dampak ekonominya.

Profil Penerima

Komunitas Anggota Masyarakat Peduli (KAMP) Garut awalnya tumbuh dan berkembang di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Garut yang merupakan wahana berekspresi pegawai dan mitra-kerja yang tidak terwadahi oleh Program yang terbatas, ataupun keinginan berekspresi dalam menyikapi / kepedulian terhadap sesuatu hal yang terkait dengan Seni, Budaya, Kepariwisataan, Pendidikan dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id