📃 Festival Kampung Dongeng 2020

📋 Kampung Dongeng Tunas Bangsa

Pendayagunaan Ruang Publik
Diajukan Rp 63.450.000
14 September - 25 Oktober 2020
Disetujui Rp 196.100.000
dongengkakawam@gmail.com

Profil Kegiatan

Menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung, agar usaha pelestarian kebudayaan tetap terlaksana, Kampung Dongeng Tunas Bangsa menggelar event Festival Kampung Dongeng (FKD) 2020, yang mengangkat kearifan lokal, budaya, dan keunikan-keunikan yang ada di daerah-daerah di Indonesia.

 

Di awali dengan Webinar, sebanyak 150 (seratus lima puluh) peserta mendapatkan pelatihan tentang teknik dan keterampilan mendongeng yang mengangkat kearifan lokal dan nilai-nilai budaya serta digitalisasi tradisi dan budaya nusantara melalui video dongeng. Dari kegiatan tersebut, sebanyak 60 (enam puluh) peserta yang lolos seleksi mendapat bimbingan dan fasilitas dalam pembuatan Video Dongeng Budaya Nusantara mulai dari penyempurnaan naskah, produksi video, hingga proses revisi. Enam diantaranya ditetapkan sebagai Video Terbaik pada acara Puncak FKD 2020. Setelah melewati proses editing, enam puluh video tersebut akan ditayangkan di kanal youtube Kampung Dongeng.

 

Puncak FKD dilaksanakan meriah secara daring dan luring pada Minggu 25 Oktober 2020, memanfaatkan aplikasi zoom dan live streaming di kanal youtube Kampung Dongeng. Selain Kak Awam Prakoso sebagai pendongeng utama, 20 (dua puluh) pendongeng pilihan dari berbagai daerah juga turut memeriahkan festival dengan menampilkan berbagai pertunjukan dongeng budaya seperti dongeng Siluet Candi Penataran (Jawa Timur) dan Tradisi Lisan Lontara (Sulawesi Selatan). Kegiatan yang diikuti oleh lima ratus lebih peserta dari berbagai kalangan dan beragam usia itu, juga menyuguhkan penampilan dari para tokoh dan pegiat budaya di seluruh nusantara, diantaranya Badincak (Bangka Belitung), Wayang Kulit (Jawa Tengah), Beremben Besi (Banyu Asin) Karinding Kuda Awi (Jawa Barat), dan aneka dolanan anak, pakaian adat, dan kuliner khas tradisional dari berbagai daerah.

Profil Penerima

Yayasan Kampung Dongeng Tunas Bangsa yang didirikan oleh Kak Awam Prakoso, Ikon Pendongeng Indonesia, yang namanya sudah tidak asing lagi dikalangan pendidik dan anak-anak ini telah memulai kegiatannya pada bulan Februari 2009 dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 2009, secara rutin menggelar kegiatan yang dihadiri oleh ratusan anak-anak, bukan saja dari lingkungan sekitar, tetapi dari berbagai wilayah yang bisa dijangkau

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id