Kadindikbud Purbalingga Buka Workshop dan Pentas Teater di Gor Mahesa Jenar

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Workshop dan Pentas Teater yang diselenggarakan Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi dibuka. Sebanyak 40 peserta workshop mendapatkan materi terkait penulisan naskah teater oleh Asa Jatmiko.

Ketua Katasapa Purbalingga, Ryan Rachman mengatakan workshop dan pentas teater ini diajukan pada program FBK untuk menghidupkan teater di Purbalingga yang masih tertinggal dari daerah lain. Workshop dan pentas teater ini akan mengangkat budaya lokal dan cerita rakyat yang berkembang di Purbalingga.

"Kami ingin mengangkat tema cerita rakyat yang berkembang di Purbalingga dengan menggunakan bahasa penginyongan," katanya, saat Pembukaan Workshop dan Pentas Teater di Gor Mahesa Jenar Purbalingga, Kamis (22/10)

Ia berharap, dengan adanya Workshop dan Pentas Teater ini, kehidupan teater di Purbalingga akan semakin berkembang. Bahkan, beberapa sekolah di Purbalingga sudah mulai ada teater yang dimainkan oleh para pelajar.

Kepala Dindikbud Purbalingga, Setyadi mengapresiasi, meski di tengah pandemi covid-19, komunitas itu tetap bisa memberikan ruang bagi pelajar maupun masyarakat untuk berkreasi melalui teater. Masyarakat diberikan ruang untuk berekspresi sekaligus menyalurkan minat dan bakatnya.

"Teater tidak hanya soal pentas atau akting tapi mencakup semua aspek dalam teater," jelasnya. (*)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jalan Jenderal Sudirman, Senayan
Jakarta Pusat, 10270
Saluran Informasi

Telepon 021 5703303/57903020 ext. 2115
Faksimili 021 57333125
Email kebudayaan@kemdikbud.go.id